Kamis, 20 Agustus 2009

TV INTERNET, SIAPKAH KITA ?

Dua minggu kemarin tersiar kabar yang sangat menarik. Telkom, penyedia jasa telekomunikasi mulai menyiapkan platform dan infrastruktur untuk pengembangan Televisi berbasis teknologi internet (IPTV). Tidak tanggung-tanggung, Satu Triliun rupiah digelontorkan demi menjamin suksesnya program ini.

Keberadaan teknologi Internet Protocol Television atau IPTV diyakini bakal menggeser dan menjadi pesaing baru dalam bisnis televisi berlangganan, khususnya televisi kabel atau satelit. Akan tetapi, untuk sementara konsumen IPTV ini masih terbatas kalangan menengah atas. Menurut Manajer Pengembangan Bisnis PT Cisco Systems Indonesia Tony Seno Hartono, TV kabel berlanggan akan mendapat pesaing baru dari pengembangan teknologi berbasis internet yang bisa mengirimkan data berbentuk video. Terlebih lagi, teknologi itu memanfaatkan jaringan kebel telepon yang sudah banyak tersambung di rumah-rumah konsumen. Akibatnya, operator tidak perlu lagi membuat jaringan baru yang memakan biaya besar.

Berita yang sangat menggembirakan di telinga saya. Akhirnya Indonesia bisa agak sedikit mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain di bidang teknologi. IPTV sendiri adalah sebuah layanan televisi digital yang berbasis pada Internet Protocol (IP) pertama kali diimplementasikan oleh ABC pada tahun 1994 untuk acara World News Now. Terlambat 15 tahun? Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan? Namun yang pasti teknologi IPTV yang dikembangkan Telkom sekarang ini pasti jauh lebih baik dari pada IPTV ketika pertama kali dirilis, dan tentu saja dengan jumlah investasi yang memukau tersebut harus sebanding dengan hasilnya.

Pertanyaan yang selanjutnya muncul tentu saja : Sudah siapkah kita?

Pertama dari sisi consumer, tentu saja yang paling berpengaruh adalah Infrastruktur. Ketika infrastruktur masih belum merata tentu saja mengurangi dampak IPTV ini terhadap consumer secara keseluruhan. Kemampuan beli masyarakat terhadap perangkat pendukung juga harus diperhitungkan, teknologi yang terlampau mahal tentunya tidak akan dilirik masyarakat.

(Sumber : diskominfo.kuningankab.go.id)


Kirim Pesan Ke Email Admin :


Nama Anda
Email
Subject
Pesan

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP